Cara Mengatasi DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL Error di Windows

Cara Mengatasi DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL Error di Windows
 

Kami yakin bahwa jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, maka Anda mungkin telah mengalami beberapa error terkait BSOD. Dan Blue Screen lah di Windows yang memiliki reputasi sangat baik dalam merusak pengguna. Sebagian besar, pengguna mengalami error BSOD setelah menginstal versi baru Windows atau menginstal pembaruan.

Yah, pembaruan Windows tidak selalu menjadi alasan utama di balik error BSOD, tetapi kemungkinan menghadapi BSOD setelah memperbarui Windows juga cukup tinggi. Baru-baru ini, beberapa pengguna Windows telah mengirimi kami pesan di Facebook Mengenai error BSOD yang tidak biasa yaitu “DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL”. Jadi, di sini, di artikel ini, kita akan menjelajahi segala sesuatu tentang Driver irql_less_or_not_equal error di Windows.

Apa sih Driver irql_less_or_not_equal?

Baca saja error, dan Anda akan mengetahui bahwa error itu sendiri terkait tentang driver. Meskipun error Driver irql_less_or_not_equal sebagian besar terjadi karena masalah perangkat keras dan driver, namun juga dapat muncul karena malware, kerusakan file, atau sistem operasi yang ketinggalan zaman.

Ini bukan error yang umum. Untungnya, Anda dapat mencoba beberapa metode untuk memperbaiki error Driver irql_less_or_not_equal pada komputer Windows.

Memperbaiki Error Driver irql_less_or_not_equal

Sama seperti semua error BSOD Windows lainnya, Driver irql_less_or_not_equal juga dapat diperbaiki. Di sini kami akan membagikan beberapa metode terbaik untuk memperbaiki Driver Kesalahan BSOD irql_less_or_not_equal di komputer Windows.

1. Perbarui Driver Anda

update driver

Seperti kita ketahui bersama, Driver irql_less_or_not_equal biasanya terjadi karena driver rusak atau ketinggalan zaman. Jadi, sebelum mencoba metode lain, perbarui driver Anda dan periksa apakah masalahnya masih ada. Anda juga dapat menggunakan beberapa tool pembaruan driver gratis Windows untuk memperbarui semua driver yang diinstal hanya dengan satu klik.

2. Perbarui Driver Jaringan

Sebagian besar, kami menginstal driver versi terbaru, tetapi kami lalai memperbarui driver jaringan. Jadi, dalam metode ini, kami akan menginstal ulang driver jaringan terbaru untuk memperbaiki Driver irql_less_or_not_equal.

  1. Pertama-tama, tekan Logo Windows + Tombol R. Ini akan membuka Run Dialog Box. Di sini Anda perlu mengetik devmgmt.msc dan klik 'Ok'
  2. Ini akan membuka Device Manager. Di sana temukan Adaptor Jaringan Anda dan klik kanan di atasnya. Dari menu Drop-Down, pilih 'Uninstall' atau 'Update Driver Software'

Network Driver
 Sekarang, restart komputer Anda untuk menginstal ulang driver ini kembali. Selesai, Anda sudah selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan Driver irql_less_or_not_equal pada Windows 10 dengan menginstal ulang Network Drivers.

3. Hapus Perangkat Lunak Overclocking

Overclocking Software
Hanya sedikit pengguna yang melakukan overclock CPU untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik. Hal-hal tersebut biasanya banyak dilakukan oleh para gamer untuk meningkatkan performa gaming. Namun, dalam beberapa kejadian, alat overclocking untuk Windows memicu kesalahan Driver irql_less_or_not_equal. Jadi, jika Anda baru saja menginstal alat overclocking, pastikan untuk menghapus alat tersebut dan mengembalikan perangkat keras Anda ke default pabrik.

4. Memperbarui / Mengubah Perangkat Lunak VPN

VPN

VPN terkadang menyebabkan ke pesan error DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL. Masalah muncul ketika perangkat lunak VPN yang sudah ketinggalan zaman membuat permintaan yang gagal dipenuhi oleh perangkat keras.

Jadi, jika itu masalahnya, maka Anda perlu memperbarui perangkat lunak VPN Anda. Jika Anda menggunakan perangkat lunak VPN versi terbaru, nonaktifkan dan periksa. Selain itu, pastikan untuk menonaktifkan adaptor jaringan VPN untuk memperbaiki pesan kesalahan 'DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL'.

5. Disable Firewall

Disable Firewall
Nah, Firewall adalah salah satu alat keamanan penting yang harus digunakan setiap orang. Namun, terkadang firewall sering mengundang banyak pesan error. Beberapa pengguna firewall Zone Alarm telah mengklaim bahwa mereka telah memperbaiki 'DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL' dengan menonaktifkan perangkat lunak.

Jadi, jika Anda mendapatkan pesan error 'DRIVER IRQL_LESS_OR_NOT_EQUAL', Anda perlu menonaktifkan Firewall. Jika Anda masih mendapatkan pesan error, aktifkan kembali Firewall. 

6. Scan Virus & Malware

MAlware
Image by Bleeping Computer

Malware terkadang mengganggu driver. Juga, memiliki solusi keamanan yang tepat sangat disarankan saat ini. Jadi, yang terbaik adalah selalu memiliki alat anti-malware yang tepat. Alat antimalware seperti Malwarebytes dapat membersihkan virus atau malware yang memicu berbagai jenis kesalahan. Jadi, pastikan untuk menginstal Malwarebytes dan menjalankan 'Pemindaian Penuh'

7. Reset Windows

Reset Windows

Nah, jika semuanya gagal untuk memperbaiki error Driver irql_less_or_not_equal di Windows, maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah mereset komputer Windows Anda. Mereset PC masih merupakan pilihan yang lebih baik daripada menginstal ulang Windows. Namun, sebelum Anda mengatur ulang Windows Anda, pastikan untuk membuat cadangan file dan folder penting Anda dengan benar. Opsi reset mungkin akan menghapus semua yang terinstal di drive instalasi Windows dan file Desktop Anda.

Untuk Mengatur Ulang Windows, buka aplikasi Pengaturan dan kemudian temukan dan klik 'Update & Security'. Sekarang di bawah Update & Security, buka tab 'Recovery' dan kemudian klik 'Reset This PC'. Sekarang, Anda akan melihat munculan lain di mana Anda perlu memilih 'Remove Everything and reset Windows'.

Jadi, ini adalah metode terbaik untuk memperbaiki error Driver irql_less_or_not_equal BSOD. Saya harap artikel ini membantu Anda! Bagikan juga dengan teman-teman Anda.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama