Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset

Ada banyak sekali orang mereset ulang ponsel Android mereka. Sebagian besar mereka melakukannya ketika memori penuh, kinerja perangkat menjadi lambat karena banyak aplikasi, ada beberapa masalah malware terkait dengan telepon, atau ketika orang menjualnya atau memberikannya kepada seseorang.

Proses factory reset dirancang sedemikian rupa sehingga setiap kali pengguna melakukan reset, setiap data dan pengaturan akan dihapus dari telepon seseorang, yang membawa telepon kembali ke kondisi yang sama seperti ketika keluar dari pabrik, sehingga memberikan keberadaan ke istilah 'factory' reset.

Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset

Bagaimana Melakukan Factory Reset?

Untuk melakukan reset, yang perlu dilakukan adalah pergi ke bagian Pengaturan smartphone Android mereka. Dari sana, pergi ke Pengaturan sistem, di mana Anda akan menemukan opsi Advanced. Di bagian ini, opsi ini disebut reset, yang harus Anda pilih untuk melakukan factory reset. Ingat, selalu buat cadangan data penting Anda seperti kontak, musik dan hal-hal lain yang Anda anggap penting sebelum melakukan reset pabrik.

Apakah Data Dapat Dipulihkan Setelah Reset Pabrik?

Ya, harus diketahui bahwa data Android dapat dipulihkan bahkan setelah seseorang melakukan reset. Ini adalah hal yang sangat penting, karena mungkin dapat membantu orang-orang yang kehilangan data yang penting, dan mungkin berbahaya bagi mereka yang melakukan pengaturan ulang pabrik untuk melindungi data mereka.

Ada berbagai alat dan perangkat lunak yang tersedia yang dapat digunakan untuk mengekstrak data yang dihapus ponsel Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah mencarinya di internet, mengunduhnya dan menggunakannya untuk mengekstraksi data yang dihapus dari ponsel. Ini memang proses yang sangat sederhana.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kita masih bisa melindungi data kita? Jawabannya juga ya. Anda masih dapat melindungi data Anda.

Mari kita lihat bagaimana itu bisa dilakukan

Enkripsi Internal Perangkat Android

Sebelum Android merilis Marshmallow 6.0 pada sistem operasi mereka, ponsel Android tidak disertai dengan enkripsi default. Seseorang perlu memasangnya sebelum melakukan reset pabrik sehingga data yang dipulihkan tidak dapat secara langsung.

Tetapi sejak pembaruan Marshmallow 6.0, ponsel ini dilengkapi dengan enkripsi yang telah diaktifkan, yang berarti bahwa bahkan jika Anda memulihkan data ponsel Anda, Anda tidak akan dapat mengakses secara langsung tanpa melalui enkripsi.

Cloud Backup

Cloud Backup adalah hal lain yang perlu Anda perhatikan. Sebagian besar ponsel akhir-akhir ini menyinkronkan beberapa data penting di Google Drive dari mana Anda dapat memulihkannya di perangkat baru atau bahkan yang lebih lama bahkan setelah reset pabrik hanya dengan mengakses akun Google Anda.

Namun, tidak ada jaminan bahwa cadangan cloud seperti Google Drive benar-benar aman. Bahkan, itu kebalikan dari aman. Ada banyak kasus penyimpanan awan orang yang diretas dan data mereka dicuri, jadi selalu ingat untuk menyimpan hanya data yang tidak penting di penyimpanan awan Google Anda.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset"