Cara Membuat Pasword pada File Excel | Encrypt With Password

Microsoft Excel tetap menjadi aplikasi spreadsheet paling populer di dunia. Data spreadsheet Excel seringkali sensitif, berisi data pribadi atau keuangan suatu perusahaan. Maklum, Anda mungkin menginginkan perlindungan tambahan untuk file Excel Anda, seperti kata sandi misalnya.

Anda dapat menggunakan kata sandi untuk melindungi file Excel dengan menggunakan beberapa opsi, termasuk tool dari Excel yang sudah terintegrasi ataupun kata sandi Excel dari pihak ketiga.

Cara Membuat Pasword pada File Excel | Encrypt With Password

1. Protect Sheet Excel Menggunakan Tool Terintegrasi dari Excel

Opsi pertama untuk proteksi kata sandi Excel adalah menggunakan tool dari Ms Office Excel sendiri. Seluruh rangkaian Microsoft Office memiliki alat perlindungan kata sandi yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan spreadsheet Excel, dokumen Word, presentasi PowerPoint, dan sebagainya.

Di Excel, buka File> Info. Pilih Protect Workbook, lalu Encrypt with Password dari menu drop down.

Protect Sheet Excel Menggunakan Tool Terintegrasi dari Excel

Sekarang, masukkan kata sandi untuk spreadsheet Excel Anda. Pastikan kata sandi Anda kuat dan unik, dan tekan OK, lalu masukkan kembali kata sandi Anda untuk konfirmasi.

Selanjutnya saat Anda mencoba membuka spreadsheet Excel, Anda akan diminta entri kata sandi terlebih dahulu.

Seberapa Amankah Perlindungan Kata Sandi Microsoft Office?

Microsoft Office 97-2003 menggunakan standar enkripsi yang sangat buruk, yang dikenal sebagai RC4. Algoritma enkripsi yang lebih lama memiliki banyak kerentanan, yang membuat pemecahan kata sandi pada dokumen Excel yang lebih lama menjadi sangat mudah.

Pada Microsoft Office 2007-2013 algoritma enkripsitelah ditingkatkan, beralih ke algoritma AES-128 yang jauh lebih kuat. Office 2016-2019 menggunakan algoritma enkripsi AES-256, yang tidak dapat dipecahkan dalam jangka waktu yang tertentu menggunakan teknologi yang ada sekarang.

Perlindungan Excel Ekstra

Microsoft Excel juga memiliki beberapa fitur keamanan tambahan:

  1. Mark as Final: Menandai file sebagai file terakhir, memberi tahu pengguna spreadsheet lainnya bahwa mereka tidak boleh membuat perubahan apa pun. Namun, menandai spreadsheet sebagai final tidak memberikan perlindungan kata sandi tambahan.
  2. Protect Current Sheet: Anda bisa menambahkan lapisan perlindungan tambahan kecil ke lembar bentang tertentu dalam buku kerja Anda saat kata sandi Anda melindungi lembar Excel. Orang yang memiliki akses ke file Excel masih bisa melihat spreadsheet tapi tidak bisa membuat perubahan apa pun tanpa kata sandi yang benar. Anda juga dapat menggunakan kata sandi yang berbeda untuk opsi ini.
  3. Restrict Access: Opsi yang dapat digunakan organisasi besar untuk membatasi akses ke individu tertentu menggunakan template keamanan atau pengenal lain.
  4. Add a Digital Signature: Opsi tanda tangan digital memverifikasi bahwa file tetap tidak terganggu antara pengirim dan penerima, memastikan isinya sama. 

Anda mungkin menggunakan kombinasi fitur keamanan tambahan di samping opsi perlindungan kata sandi spreadsheet Excel, terutama jika Anda berbagi spreadsheet Excel dengan teman atau rekan kerja. 

2. 7-Zip

Metode yang bagus untuk mengenkripsi beberapa file Excel secara bersamaan adalah dengan menggunakantool arsip gratis, 7-Zip mampu melindungi beberapa file Excel dengan kata sandi. Anda dapat menggunakan 7-Zip untuk mengenkripsi seluruh folder file Excel individual, kata sandi melindungi seluruh pilihan spreadsheet Excel satu per satu.

Pertama, unduh dan instal 7-Zip versi terbaru. Setelah terinstal, buka folder yang berisi spreadsheet Excel Anda. Sekarang, seret kursor mouse Anda ke file yang ingin Anda lindungi kata sandi. Cara lainnya, tahan CTRL dan klik kiri untuk memilih file individual dengan mouse Anda.

Setelah menyelesaikan pilihan Anda, klik kanan dan pilih 7-Zip> Tambahkan ke Arsip untuk membuka opsi arsip 7-Zip. Opsi enkripsi ada di sebelah kanan. Masukkan kata sandi yang kuat dan unik, lalu tekan OK.

7-Zip

Sekarang, Anda harus memasukkan kata sandi sebelum membuka salah satu spreadsheet Excel di dalam arsip. Tetapi spreadsheet di luar arsip tidak dilindungi kata sandi. Pilih spreadsheet Excel yang tidak dilindungi kata sandi (di luar arsip) dan hapuslah.

3. Windows Encrypting File System

Windows Encrypting File System (EFS) adalah sistem enkripsi yang terintegrasi dengan Windows untuk file. EFS tidak seperti Bitlocker, yang dapat Anda gunakan untuk enkripsi disk secara penuh. Sebaliknya, EFS hanya bekerja berdasarkan file-by-file, cocok untuk melindungi kata sandi spreadsheet Excel anda.

Untuk menggunakan EFS untuk mengenkripsi file Anda, klik kanan spreadsheet Excel dan pilih Properties. Sekarang, pilih Advanced, lalu centang kotak Encrypt contents to secure data. Tekan OK, lalu Apply.

Windows Encrypting File System

Peringatan Enkripsi akan muncul. Ini menjelaskan bahwa mengenkripsi satu file dapat menyebabkan masalah dalam keadaan tertentu dan mengenkripsi seluruh folder menawarkan perlindungan lebih. Jika file berada dalam folder yang sering diakses, Anda harus membuka kunci folder setiap kali Anda ingin mengakses file lain. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menempatkan file teks Anda di folder terpisah dan menggunakan hal ini sebagai folder aman Anda.

Windows Encrypting File System
Setelah mengonfirmasi pilihan Anda, Sistem File Enkripsi akan menanyakan apakah Anda ingin membuat cadangan kunci enkripsi. Anda dapat menggunakan cadangan kunci enkripsi jika Anda lupa password decryption.

Mengekspor Backup Kunci Enkripsi Anda

Jika Anda memilih untuk mengekspor backup kunci enkripsi Anda untuk keamanan tambahan, Wizard Ekspor Sertifikat Microsoft akan berjalan. Wizard akan memandu Anda membuat dan mengekspor kunci enkripsi Anda ke sumber media eksternal, seperti flashdisk USB.

Mengekspor Backup Kunci Enkripsi

Pilih Personal Information Exchange dari halaman pertama, dan centang Export all extended properties. Pada halaman berikutnya, Anda harus memasukkan kata sandi yang aman dan unik untuk melindungi file Anda dengan kata sandi. Ganti jenis enkripsi ke AES256-SHA256 (enkripsi yang sangat kuat!), Lalu berikan nama file untuk cadangan kunci enkripsi Anda. Tekan Finish untuk menyelesaikan proses.

Wizard Ekspor Sertifikat
Setelah proses selesai, Anda akan melihat ikon gembok kecil di ikon file teks Notepad, yang menunjukkan bahwa  status enkripsi.

4. AxCrypt

Alat praktis lainnya untuk melindungi kata sandi lembar Excel adalah AxCrypt, tool enkripsi yang berguna namun tetap kuat.

Unduh dan instal AxCrypt. Pertama kali Anda menjalankan AxCrypt, Anda harus menjalankan melalui setup. Yang terpenting, Anda harus memberikan alamat email asli selama proses pendaftaran, atau Anda tidak akan menerima lisensi AxCrypt gratis Anda. Setelah menerima kode, salin dan tempel ke AxCrypt sebelum melanjutkan.

Axcrypt

Anda juga perlu membuat kata sandi AxCrypt yang kuat dan unik. Kata sandi AxCrypt bertindak sebagai kunci enkripsi dan dekripsi untuk spreadsheet Excel Anda. Perhatikan peringatan AxCrypt. Mengembalikan kata sandi Anda hanya akan memungkinkan akses ke akun yang terkait dengan file. Ini tidak akan memungkinkan Anda untuk mendekripsi file yang diamankan dengan kata sandi lama.

Axcrypt
Saat Anda siap, drag drop file spreadsheet Excel ke  AxCrypt. Jika Anda masuk ke AxCrypt, itu akan mengenkripsi file Anda secara otomatis. Demikian pula, jika Anda masuk ke AxCrypt dan mencoba membuka file, perintah kata sandi tidak akan ditampilkan. Jika Anda menutup AxCrypt (yang juga membuat Anda keluar), Anda akan menerima prompt kata sandi saat Anda mencoba membuka spreadsheet.

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Melindungi Spreadsheet Excel dengan Kata Sandi?

Di masa lalu, menggunakan perlindungan sandi terintegrasi Microsoft Office untuk melindungi sandi file atau sheet Excel sangat berisiko. Algoritma enkripsi tidak cukup kuat dan memiliki banyak kerentanan, menjadikannya tidak dapat digunakan. Karena Microsoft Office sekarang menggunakan AES-256, Anda dapat yakin bahwa proteksi kata sandi pada lembar Excel Anda dapat dipercaya dan tidak mungkin dirusak menggunakan teknologi saat ini.

Karena perlindungan kata sandi terintegrasi hanya menangani satu file pada satu waktu, Anda juga dapat mempertimbangkan opsi enkripsi 7-Zip. Jika Anda berurusan dengan volume besar lembar Excel yang ingin Anda lindungi, kata sandi yang melindungi semuanya dalam satu arsip (dengan kata sandi yang kuat dan unik!) Adalah opsi praktis yang juga menggunakan AES-256.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama