4 Aplikasi Untuk Extract File RAR | File Extracter

4 Aplikasi Untuk Extract File RAR | File Extracter - Windows 10 sepenuhnya dilengkapi untuk menangani file yang dikompresi menggunakan format pengarsipan ZIP. Anda dapat dengan mudah melihat dan mengekstrak konten di dalamnya menggunakan File Explorer. Tetapi terkadang, Anda mungkin menemukan file arsip format RAR, dan di situlah segalanya menjadi sedikit rumit.

4 Aplikasi Untuk Extract File RAR | File Extracter

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana mungkin file dengan ekstensi RAR berbeda dari file ZIP. Meskipun keduanya adalah pengarsip file, RAR adalah teknologi kompresi eksklusif yang dikembangkan dan dikelola oleh RARLAB. Karenanya, Windows 10 tidak memiliki dukungan asli untuk formatnya.

Jadi jika Anda mengunduh file RAR, tidak mungkin anda membukanya apalagi mengekstrak isinya tanpa program pihak ketiga yang kompatibel. Di bawah ini, Anda akan menemukan empat aplikasi yang dapat membantu Anda. 

1. WINRAR

WinRAR adalah alat kompresi dan ekstrak file yang dikembangkan oleh RARLAB itu sendiri. Selain format RAR (yang agak jelas), aplikasi ini juga mendukung beberapa format kompresi lain seperti ZIP, 7Z, CAB, ISO, JAR, dll.

Catatan: WinRAR menawarkan uji coba 40, tetapi program ini tidak menerapkannya sebagai aturan. Jadi, Anda bisa tetap menggunakannya selama Anda mau tanpa membayar.

Setelah mengunduh dan menginstal WinRAR, Anda dapat mengekstrak arsip RAR dengan berbagai cara. Cara termudah adalah dengan mengklik kanan file RAR dan memilih opsi menu kontekstual Extract Here. Itu harus segera mengekstrak konten ke lokasi yang sama. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan opsi Ekstrak File, yang akan meminta Anda memilih direktori untuk mengekstrak file tersebut.

WinRAR
Selain itu, WinRAR juga memungkinkan Anda untuk melihat dan mengekstrak file tertentu dari arsip RAR dengan opsi Open With WinRAR. Pada jendela WinRAR yang muncul, Anda dapat menavigasi seluruh arsip RAR dan mengekstrak file yang dipilih menggunakan tombol menu Extract To. Anda juga dapat membuka file dalam program defaultnya tanpa perlu mengekstraknya, cukup klik dua kali file untuk melakukannya.

Open With WinRAR

Selain itu, WinRAR terbukti sangat berguna jika Anda ingin membuat arsip RAR. Klik kanan file atau folder yang ingin Anda kompres, pilih Add to Archive, dan Anda dapat memilih format arsip RAR, RAR4, dan ZIP.

Catatan: RAR4 adalah versi lama dari format file arsip RAR. Gunakan jika Anda khawatir tentang masalah kompatibilitas.

Add To Archieve WinRAR

Kemudian, pilih metode kompresi seperti Store, Normal, atau Best (yang akan menentukan ukuran file) dan klik OK. Anda juga dapat menambahkan file ke arsip RAR yang ada menggunakan tombol Tambah pada bilah menu sambil mempratinjaunya.

2. 7-ZIP

7-Zip adalah program open source yang mendukung beberapa standar kompresi seperti 7Z, TAR, WIM, dan ZIP. Tidak seperti WinRAR, bagaimanapun, aplikasi ini tidak memungkinkan Anda untuk mengompres file RAR. Ini memungkinkan Anda mengekstraknya, dan semuanya berfungsi mirip dengan WinRAR dalam hal itu.

Setelah menginstal 7-Zip, Anda dapat mengekstrak file RAR dengan mengklik kanan arsip RAR, menunjuk ke 7-Zip, dan memilih opsi Extract Here dan Extract Files.

7-Zip

Anda juga dapat menggunakan opsi Open Archive untuk melihat arsip RAR, seperti WinRAR dan mengekstrak item pilihan di dalamnya.

3. EXTRACTNOW

Jika Anda tidak menginginkan WinRAR atau 7-Zip, pertimbangkan untuk menggunakan ExtractNow. Aplikasi ini adalah utilitas yang sangat kecil yang memungkinkan Anda dengan mudah mengekstrak beberapa arsip RAR secara bersamaan. Program ini juga mendukung berbagai format lain, seperti ZIP, 7Z, CAB, dll.

Unduh dan pasang aplikasi tersebut (sepenuhnya gratis), dan Anda dapat dengan mudah drag dan drop beberapa arsip RAR ke jendela ExtractNow untuk mempersiapkannya diekstrak.

ExtractNow

Kemudian, cukup klik Ekstrak dan pilih lokasi untuk mengekstrak arsip RAR (atau arsip).

Selain itu, Anda dapat masuk ke panel Pengaturan ExtractNow dan mengonfigurasi sejumlah pengaturan untuk mengonfigurasi cara kerja program. Misalnya, Anda dapat beralih ke tab Explorer dan menambahkan opsi menu kontekstual yang memungkinkan Anda mengekstrak arsip RAR (termasuk format lain yang didukung) secara instan.

ExtractNow

Seperti namanya, ExtractNow hanya memungkinkan Anda mengekstrak arsip kompresi. ExtractNow tidak memungkinkan Anda untuk membuatnya.

4. Archive Extractor

Tidak seperti aplikasi yang baru saja Anda lalui di atas, Archive Extractor adalah utilitas ekstraksi yang hanya tersedia online. Ini memungkinkan Anda untuk mengunggah arsip RAR dan mengunduhnya kembali dalam bentuk yang diekstrak, menjadikannya sangat sempurna untuk satu hal yang mudah.

Setelah mengunjungi Archive Extractor, pilih opsi Pilih File untuk mengunggah file baik dari komputer Anda atau layanan penyimpanan cloud Google Drive dan Dropbox. Ini juga mendukung URL, yang berarti Anda dapat menempelkan tautan yang dapat diunduh ke arsip RAR dan segera mengunduhnya dalam bentuk yang diekstrak.

Archieve Extractor

Peringatan: Karena masalah privasi dan keamanan, Anda tidak boleh mengunggah file RAR apa pun yang berisi data sensitif atau rahasia.

KESIMPULAN

Format RAR telah ada selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah menjadi mainstream karena sifatnya yang eksklusif, tidak seperti ZIP. Tetapi kemampuan kompresinya yang superior berarti Anda akan mengalami RAR secara teratur, terutama jika Anda mengunduh banyak hal di internet. Cukup miliki WinRAR, 7-Zip, (atau tandai Archive Extractor di browser web Anda), dan Anda tidak perlu khawatir tentang file RAR lain lagi.

Tidak ada komentar untuk "4 Aplikasi Untuk Extract File RAR | File Extracter"