6 Software Gratis Alternatif dari Microsoft Office

Hingga hari ini, Microsoft Office merupakan software office produktivitas default di sebagian besar konteks profesional. Microsoft tidak lagi menjualnya sebagai kopian pribadi. Sebagai gantinya, Anda harus membayar biaya berlangganan bulanan untuk mendapatkan akses ke versi terbaru Microsoft Office.

Ini sebenarnya adalah kesepakatan yang luar biasa, lisensi untuk beberapa instalasi dan pengguna, jumlah penyimpanan OneDrive yang disertakan dan dilengkapi aplikasi Office seluler di Android dan iOS.

Namun, bagaimana jika Anda tidak mampu membayar lisensi? Apa alternatif gratis terbaik untuk Microsoft Office?
iWork

iWork (macOS & iOS)

Untuk user Apple yang menggunakan macOS atau iOS, alternatif gratis terbaik untuk Microsoft Office adalah iWork suite. Sejak 2017, Apple menjadikan dirinya pesaing untuk Microsoft Office yang sepenuhnya gratis untuk semua pengguna Apple di macOS dan iOS.

Tiga bagian utama dari iWork adalah Pages, Keynote dan Numbers. Ini adalah alternatif untuk Word, Powerpoint dan Excel yang ditawarkan. Kekurangan dari iWork adalah tidak adanya aplikasi semacam MS Access.

Apple dan Microsoft memiliki pendekatan yang sangat berbeda untuk menciptakan perangkat lunak produktivitas mereka. Microsoft menawarkan solusi yang kuat dan kaya fitur.

iWork, di sisi lain, terlihat simpel dan mudah digunakan. Jika Anda ingin membuat dokumen yang terlihat profesional, iWork mampu mewujudkannya dengan mudah.

  • Siapa yang Harus Menggunakan iWork?

Jelas, karena ini hanya tersedia untuk pengguna Apple, masuk akal untuk memasukkan iWork sebagai alternatif yang tepat sebelum mengumpulkan uang tunai untuk membeli lisensi Microsoft Office. Lagipula, iWork sudah tersedia di perangkat Anda secara gratis.

iWork juga merupakan suite yang cocok untuk mereka yang menginginkan antarmuka pengguna yang disempurnakan dan desain yang indah. Itu alasan mengapa iWork telah populer di kalangan kreatif di industri penerbitan selama beberapa dekade belakangan.

G Suite


Google Suite (Berbasis Browser)

Google Suite adalah paket aplikasi produktivitas berbasis cloud dari Google. Setiap orang yang memiliki akun Gmail secara otomatis mendapatkan akses ke Documents, Spreadsheet, dan Slide bersama sejumlah aplikasi yang lain.

Dokumen sendiri disimpan di Google Drive Anda. Penyimpanan 15GB sudah termasuk gratis juga. Google Docs adalah pengolah kata, Sheets menyediakan spreadsheet dan Slides tentu saja aplikasi presentasi.

Keindahan dari Google suite adalah ia akan bekerja pada browser apa pun yang mendukung standar web modern. Ada juga aplikasi seluler yang tepat untuk Android dan iOS dan mode offline untuk pengguna desktop.

Aplikasi Google, jika dibandingkan dengan Microsoft Office, memang sangat terbatas. Ini adalah perangkat lunak yang sangat ringan. Namun, kami telah menggunakan aplikasi Google suite hampir sejak mereka pertama kali dirilis dan hingga berkembang pesat sampai saat ini. Dalam banyak hal, aplikasi seperti Docs lebih baik. Sayangnya Google Suite sekarang diharuskan berlangganan untuk suatu fiturnya.

  • Siapa yang Harus Menggunakan Google Suite?

Opsi pemformatan sangat terbatas, tetapi jika Anda ingin membuat jenis tulisan yang akan diformat di tempat lain (oleh desainer web atau penerbit) maka Google Suite adalah pilihan yang tepat.

Orang-orang yang menjadikan menulis sebagai mata pencaharian tentu dalam kategori tertentu. Google Drive menawarkan cara yang fleksibel dan aman untuk membuka dan mengedit tulisan Anda di mana saja di hampir semua perangkat. Ini juga memiliki beberapa alat kolaborasi langsung yang sangat luar biasa, yang bahkan belum tersedia layanan Office Live.

Jika Anda perlu menghasilkan dokumen bersama dengan sekelompok orang, Google Documents memberikan peningkatan efisiensi besar-besaran dengan style “round-robin” tradisional dengan menyerahkan dokumen untuk komentar dan tulisan tambahan.

LibreOffice

LibreOffice (macOS, Windows & Linux)

LibreOffice adalah alternatif open source pertama untuk Microsoft Office pada daftar ini, yang berarti bahwa diijinkan bagi siapa saja untuk memodifikasi. Jika Anda seorang programmer, ini berarti Anda dapat membuat rangkaian produktivitas kustom Anda sendiri dari LibreOffice ini.

Namun, untuk kebanyakan orang, ini berarti mereka tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan perangkat lunak ini. Selain itu, LibreOffice juga didukung oleh komunitas yang dapat membantu dan meningkatkan perangkat lunak tersebut.

Selain bebas dan terbuka, LibreOffice terasa cukup seperti pengalaman MS Office klasik. LibreOffice tidak memiliki antarmuka pengguna modern yang mengkilap atau integrasi online yang luas, tetapi ini adalah rangkaian yang solid dengan opsi untuk portabilitas penuh. Artinya, Anda dapat menyimpannya di flash drive dan menjalankannya di komputer mana pun, tanpa harus melakukan instalasi.

  • Siapa Yang Harus Menggunakan LibreOffice

Siapa pun yang masih merindukan pengalaman Office klasik dari tahun 90-an atau awal 2000-an akan menyukai gaya dari LibreOffice. Ini suite modern dalam hal fungsionalitas, tetapi memang memiliki tampilan seperti itu.

Pengguna Linux dan siapa saja yang suka dan mendukung open source juga akan menemukan bahwa LibreOffice adalah alternatif yang bagus untuk Microsoft Office, tanpa berlangganan yang disertakan dengan perangkat lunak berpemilik.

Ini juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi siswa dengan anggaran terbatas atau akses internet, karena gratis dan tidak bergantung pada layanan internet apa pun untuk menyediakan fungsionalitasnya.

WPS OFfice

WPS Office (Windows, Android & Linux)

WPS Office dulu dikenal sebagai "KSOffice" atau "KOffice" di Negara Barat. Versi pertama dari office suite “relatif” tidak dikenal ini dirilis pada tahun 1988. Versi modern dari suite produktivitas gratis ini terlihat sedikit mirip dengan MS Office modern, jadi jika Anda sudah menyukai Office, Anda akan merasa lebih atau kurang di sini.

Kami melihat secara khusus versi gratis suite di sini. Ini bukan perangkat lunak open source dan Kingsoft memang menjual perangkat lunak ini dengan fitur tambahan. Tingkat gratis termasuk Penulis, Presentasi, dan Spreadsheet. Kami tidak perlu menjelaskan fungsi dari wps masing-masing.

Dukungan format sangat baik dengan format MS Office modern. Memiliki akun WPS juga memungkinkan Anda menyinkronkan dokumen di seluruh perangkat dan platform Anda. Dengan pengecualian iWork, ini adalah salah satu suite produktivitas paling halus yang bisa Anda dapatkan terutama sebagai produk gratis.

Ada beberapa batasan dalam versi gratis yang patut diperhatikan. Tidak bisa menggunakan template premade dan aset lain dari sumber online WPS. Ada iklan yang mendukung versi gratis juga. Versi gratis juga tidak dibekali fitur mengedit dokumen PDF dan fitur menyenangkan lainnya seperti OCR tidak ada. Namun, semua fungsionalitas inti ada di sana.

  • Siapa yang Harus Menggunakan WPS Office?

Jika tampilan LibreOffice tidak menarik bagi Anda, tetapi Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk berlangganan Microsoft Office, WPS memberikan pengalaman yang apik dan menyenangkan secara visual.

Desain antarmuka "all-in-one" yang unik memadukan nuansa browser multi tab. Jika Anda tidak menyukai gaya all-in-one, Anda dapat beralih ke format yang lebih tradisional, tetapi itu membuatnya bagus untuk bekerja pada laptop layar tunggal dan karenanya merupakan pilihan yang baik untuk siswa atau penulis.
Dropbox Paper

Dropbox (Berbasis Browser)

Dropbox terkenal karena menawarkan solusi penyimpanan berbasis cloud yang fantastis. Ini mendapat integrasi platform yang fantastis di berbagai perangkat dan telah menjadi cara populer untuk berbagi file antar orang-orang yang bekerja sama.

Namun, layanan seperti Google Drive juga menawarkan penyimpanan cloud yang nyaman dan menawarkan cara untuk bekerja bersama secara real time. Jadi sekarang kita punya Dropbox Paper.

Ini bukan rangkaian lengkap seperti yang kita dapatkan dari Google, tetapi menyediakan pengolah kata dasar berbasis cloud, integrasi sempurna dengan drive Dropbox Anda dan kolaborasi yang dirancang baik dengan pengguna lain.

  • Siapa yang Harus Menggunakan Dropbox Paper?

Dropbox Paper sebenarnya bukan alternatif untuk Microsoft Office, tetapi jika Anda dan rekan kerja Anda sudah menyimpan dokumen Anda di Dropbox, maka ini adalah jalur yang paling tepat untuk bekerja bersama pada format teks.

Dropbox benar-benar menaruh banyak pemikiran dalam membantu orang-orang bekerja bersama, memungkinkan Anda menetapkan tugas dan menetapkan tanggal jatuh tempo. Ada beberapa di antaranya dalam layanan seperti Google Documents, tetapi jika Anda sudah berinvestasi dalam penyimpanan cloud Dropbox, ini adalah bonus yang bagus.

Graphite


Graphite Docs (Perangkat Lunak Blockchain Terdesentralisasi)

Graphite Docs memang bukan suite Office yang lengkap, tetapi ia melakukan sesuatu yang baru dan menarik sehingga harus disebutkan dalam daftar alternatif dari Microsoft Office.

Layanan ini pada dasarnya menawarkan fitur yang setara dengan Google Documents pada saat ini. Dengan fitur kolaborasi serupa untuk boot. Jadi mengapa pengolah kata online yang sangat sederhana ini begitu istimewa? Semuanya berkat cara kerjanya.

Anda lihat, ketika Anda menggunakan sesuatu seperti Google Documents, Google memiliki akses lengkap ke konten dokumen Anda. Dalam beberapa hal itu perlu. Misalnya, akan sulit untuk melakukan pencarian di dalam dokumen jika mereka tidak dapat membaca data di dalamnya.

Namun, selalu ada kekhawatiran bahwa beberapa dokumen sensitif atau rahasia dapat diekstraksi oleh seseorang di perusahaan, atau oleh peretas yang membahayakan pusat data mereka.

Graphite Docs adalah contoh aplikasi terdesentralisasi. Ia menggunakan teknologi inti yang sama dengan Bitcoin (yaitu blockchain) untuk menyediakan layanan cloud online. Kekuatan komputasi yang sebenarnya disediakan oleh banyak komputer yang mempertahankan blockchain itu.

Jadi itu akan memberi Anda sebagian besar manfaat yang Anda dapatkan dari Google Documents, dan tanpa ada masalah privasi.

  • Siapa yang Harus Menggunakan Graphite Docs?

Graphite Docs bukan dipergunakan untuk pengguna umum dan ini sangat baru dan lebih merupakan teknologi eksperimental. Namun, jika Anda mengerjakan hal-hal yang membutuhkan tingkat keamanan dan privasi yang sangat tinggi, maka itu layak untuk dipakai.

Kesimpulan

Microsoft Office adalah produk yang bagus dan jujur ​​saja, memberikan banyak manfaat untuk harga dan fitur yang diberikan.

Satu-satunya alasan itu adalah sangat kompetitif. Setiap alternatif Microsoft Office yang tercantum di atas sangat cocok untuk mereka, dan mungkin lebih cocok untuk Anda daripada orang-orang di luaran.

Karena software alternatif Microsoft Office semua gratis, Anda tidak punya alasan untuk tidak mencobanya.

Berlangganan via Email