Cara Memperbaiki Google Chrome not responding pada Tahun 2020

Cara Memperbaiki Google Chrome not responding pada Tahun 2020

Cara Memperbaiki Google Chrome not responding pada Tahun 2020. Nah, jika kita melihat-lihat, kita akan menemukan bahwa Google Chrome saat ini adalah web browser yang paling banyak digunakan. Browser tersedia di hampir setiap platform utama, termasuk Android, Windows, iOS, macOS, dll. Dibandingkan dengan setiap web browser lainnya, Google Chrome menyediakan lebih banyak fitur kepada pengguna.

Google Chrome saat ini adalah web browser paling populer, tetapi bukan berarti akan bebas dari bug. Dibandingkan dengan browser lain, lebih banyak bug ditemukan di Chrome. Ya, Chrome memang peramban yang stabil, cepat, dan andal, tetapi kadang-kadang juga not responding, dan tidak terhubung ke internet.

Baru-baru ini, kami telah menerima beberapa pesan dari pengunjung kami mengenai error Chrome not responding. Error biasanya muncul di startup, dan membutuhkan restart. Mungkin ada beberapa alasan di balik pesan error ‘Chrome not responding’ seperti sistem operasi yang ketinggalan zaman, versi yang tidak kompatibel, file yang rusak, dll.

Cara Memperbaiki Google Chrome not responding pada Windows

Dalam artikel ini, kami telah memutuskan untuk membagikan beberapa metode terbaik untuk membantu dulur cara memperbaiki Chrome not responding pada tahun 2020. Jadi, mari kita coba praktikkan bagaimana memperbaiki Chrome not responding pada tahun 2020.

1. Perbarui Browser Google Chrome

Nah, jika dulur mafia menggunakan versi Chrome yang kedaluwarsa, maka cukup jelas untuk mendapatkan error seperti itu. Jadi, sebelum mencoba metode lain, pastikan untuk memperbarui browser Chrome. Untuk memperbarui browser chrome, pilih tiga titik vertikal > Help > About Google Chrome.
Chrome Update
Bagian About Google Chrome akan menampilkan versi saat ini dan secara otomatis akan menginstal pembaruan yang ada.

2. Bersihkan Google Chrome (History / Cache)

Yah, Riwayat dan file cache memang menghemat banyak waktu dan membantu memuat halaman web lebih cepat. Namun, jika cache rusak, maka dapat memicu banyak masalah, termasuk pesan error ‘Chrome not responding’. Jadi, dalam metode ini, kita perlu menghapus riwayat Chrome dan file cache untuk memperbaikinya.
Cache Chrome

Membersihkan cache akan memaksa Chrome untuk membangun kembali file cache, yang pada akhirnya akan memperbaiki masalah.

3. Tambahkan Google Chrome ke daftar pengecualian firewall

Dalam metode ini, kita harus memastikan bahwa Firewall tidak memblokir browser web Chrome. Bagi mereka yang tidak tahu, Firewall dirancang untuk membatasi akses internet ke aplikasi tertentu. Jadi, untuk memastikan semuanya baik-baik saja, kita perlu menambahkan Chrome ke daftar pengecualian firewall.
  1. Pertama-tama, buka menu dan cari Windows Firewall
  2. Di halaman berikutnya, klik pada ‘Allow an app or feature through Windows Defender Firewall.’
  3. Selanjutnya, klik ‘Allow another app’, lalu pilih ‘Google Chrome.’
    Windows Firewall
Selesai. Sekarang restart komputer Windows 10 untuk memperbaiki ‘Chrome is not responding.

4. Bersihkan Cache DNS Anda

Cache DNS yang kedaluwarsa atau rusak bisa menjadi alasan lain di balik error Chrome is not responding. Jadi, dalam metode ini, kita perlu menghapus cache DNS untuk memperbaiki masalah chrome.
Cache DNS
  1. Pertama-tama, klik kanan pada tombol Start dan pilih ‘Command Prompt (admin)
  2. Pada jendela Command Prompt, masukkan perintah berikut 
ipconfig /flushdns
netsh winsock reset

Cache DNS

Setelah selesai, restart komputer untuk memperbaiki pesan kesalahan Chrome.

5. Reset Google Chrome ke default

Jika setiap metode diatas gagal memperbaiki pesan error ‘Google Chrome Not responding’, maka cara terakhir kita harus mengatur ulang browser Chrome ke keadaan default. Menyetel ulang browser chrome akan mengembalikan setiap perubahan yang telah kita lakukan.

Reset Chrome

Untuk mengatur ulang browser chrome, buka Settings > Advanced Option. Di bawah halaman Opsi lanjutan, gulir ke bawah dan klik ‘Kembalikan pengaturan ke default aslinya’. Selanjutnya, klik pada ‘Reset Settings

Jadi, ini adalah lima metode terbaik untuk memperbaiki pesan kesalahan ‘Google Chrome Not Responding’ pada komputer Windows 10. Saya harap artikel ini akan membantu dulur mafia! Mohon Bagikan juga dengan teman-teman dulur.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Google Chrome not responding pada Tahun 2020"