Cara Cek Suhu / Temperature CPU di Windows

Cara Cek Suhu / Temperature CPU di Windows
Kita biasanya fokus pada software untuk meningkatkan kinerja sistem, tetapi perlu diingat bahwa hardware lah yang menentukan seberapa cepat komputer Anda nantinya. Tidak masalah apakah Anda menggunakan software premium ataupun gratis untuk meningkatkan kinerja sistem, jika Anda tidak memperhatikan hardwarenya, tetap akan berakhir dengan kekecewaan.

Berbicara tentang hardware komputer, CPU adalah yang menangani semua pemprosesan data di komputer. Sama seperti RAM dan HDD, prosesor juga sama pentingnya. Salah satu masalah paling umum yang dialami pengguna adalah CPU yang terlalu panas. Saat Anda menggunakan komputer Anda, CPU terus bekerja keras. Jika terlalu panas di atas batas maksimal, CPU akan gagal memproses data.

Jadi, yang harus dilakukan adalah selalu memeriksa suhu CPU saat menggunakan komputer. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami telah memutuskan untuk membagikan beberapa cara terbaik untuk memeriksa suhu CPU di Windows. Dengan cara ini, Anda dapat secara aktif memeriksa suhu CPU secara real-time.

Sebelumnya anda harus tahu bahwa kisaran suhu untuk laptop adalah 30 derajat hingga 60 derajat Celcius, sedangkan di atas suhu tersebut akan mengundang banyak masalah yang akan timbul.

Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor adalah solusi yang bagus untuk pengguna Windows karena melalui ini Anda akan dapat dengan cepat mendapatkan seluruh informasi mengenai suhu dan berbagai aspek lain yang berhubungan dengan CPU Laptop atau Komputer anda. 
 
Aplikasi ini menampilkan informasi suhu perangkat Anda, suhu keseluruhan serta suhu yang akan stabil. Anda akan melihat daftar lengkap opsi yang memberi tahu Anda tentang berbagai tingkat suhu PC atau komputer laptop Anda.
 
Untuk tetap menampilkan informasi suhu dan mendapatkan akses ke sana dengan cepat, Anda perlu membuka aplikasi ini lalu menyematkannya ke taskbar. Cukup klik kanan pada ikon perangkat lunak dan kemudian pilih opsi Pin to Taskbar. Opsi peluncuran cepat akan ditambahkan secara instan.
 
Meskipun ada beberapa aplikasi di internet yang dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke detail Suhu komputer tetapi Open Hardware Monitor adalah yang paling andal dan akurat dan juga menampilkan info terperinci. Mulailah dengan menggunakannya atau gunakan aplikasi lain untuk tujuan tersebut dan terus periksa perangkat Anda agar tidak terbakar!

Core Temp (open hardware monitor)

Core Temp adalah aplikasi sederhana dan ringan yang berjalan di belakang layar sistem Anda dan memantau suhu CPU Anda. Hal terbaiknya adalah tidak menghabiskan banyak sumber daya dan juga dilengkapi dengan beberapa opsi penyesuaian.
  • Pertama-tama, unduh dan instal Core Temp di komputer Windows Anda dan buka. (Pastikan untuk menghapus centang pada tool yang disertakan dengan perangkat lunak)
    Core Temp Mafiatek
  • Setelah dibuka, secara otomatis akan mendeteksi Prosesor Anda dan akan menunjukkan kepada Anda nomor Model dan Platform. Anda dapat melihat suhu Inti di bagian bawah.
    Core Temp Mafiatek
  • Sekarang untuk pilihan penyesuaian, Anda perlu mengklik "Settings" dan kemudian pergi ke tab "Display". Disana anda bisa mengatur warna sesuai keinginan anda.
    Core Temp Mafiatek
  • Minimize aplikasi dan kemudian buka tray sistem. Di sana Anda akan melihat suhu CPU saat ini.
    Temp Core Tray Mafiatek

HWMonitor

Nah, HWMonitor adalah salah satu tool pemantau suhu CPU terbaik dan canggih yang dapat Anda gunakan saat ini. Hal hebatnya tentang HWMonitor adalah ia menunjukkan suhu Motherboard, kartu grafis, CPU, dan hard disk. HWMonitor juga merupakan salah satu tool pemantauan suhu CPY tercanggih yang dapat Anda gunakan saat ini. Selain hanya menampilkan suhu berbagai komponen, ini juga menunjukkan kecepatan kipas dan beberapa nilai penting lainnya.
  • Pertama-tama, unduh HWMonitor di komputer Windows Anda. Anda bisa mendapatkan tautan unduhan dari sini.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi dan instal biasanya. Tool tersebut mungkin meminta Anda untuk memberikan akses admin. Jadi, pastikan untuk mengizinkan akses admin.
  • Sekarang buka, dan ia akan menunjukkan tabel suhu. Anda akan melihat antarmuka yang serupa.
    HWMonitor Mafiatek
  •  Untuk memeriksa Suhu CPU, Anda perlu mengexpand pada prosesor Anda. Sekarang Anda akan melihat suhu Inti CPU.
    HWMonitor Mafiatek  
    Beginilah cara menggunakan HWMonitor untuk melihat suhu berbagai komponen di sistem Anda. Aplikasi ini juga mengemas beberapa fitur menarik lainnya yang dapat Anda jelajahi saat menggunakan aplikasi.

    Windows CPU Testers Terbaik

    Sama seperti ketiga software di atas, ada banyak CPU tester lainnya yang tersedia di web. Alat-alat ini akan memberi tahu Anda suhu CPU dan komponen lainnya. Jadi, mari kita lihat CPU tester terbaik.

    1. SpeedFan

    SpeedFan Mafiatek
     
    SpeedFan adalah salah satu cek suhu CPU terbaik dan paling banyak digunakan untuk Windows 10. Hal terbaiknya tentang SpeedFan adalah dapat memantau kecepatan kipas, voltase, dan suhu prosesor juga. Tidak hanya itu, SpeedFan juga mengakses informasi SMART untuk memeriksa suhu hard disk juga. 

    2. Real Temp

    Real Temp
    Seperti namanya, Real Temp adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk memantau suhu berbagai komponen. Ia dapat memeriksa suhu untuk semua prosesor single, dual dan quad-core. Tidak hanya itu, Real Temp juga menunjukkan load prosesor.
     

    3. CPU Thermometer

    CPU Thermometer
    Yah, CPU Termometer memang ringan dan sangat mudah digunakan. CPU Thermometer dapat menunjukkan suhu setiap inti CPU. Tidak hanya itu, CPU Thermometer juga memungkinkan pengguna untuk beralih antara Fahrenheit dan Celsius juga.

    Jadi, artikel ini membahas tentang cara memeriksa suhu CPU di Windows. Saya harap artikel ini membantu Anda! Bagikan juga dengan teman Anda.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama